-->

Tulisan Arab Syafakallah dan Syafakillah serta Artinya

arti syafakillah dan syafakallah

Apa sih artinya Syafakallah dan Syafakillah? Bagaiamana cara Saya menjawabnya? Bagaimana Saya menuliskan tulisan Arabnya?

Tenang, Saya akan coba tulis secara ringkas namun tetap berbobot. Silahkan disimak dan mohon dibaca sampai selesai.

Saya yakin yang membuat Anda datang di blog ini adalah karena penasaran tentang arti dari ucapan ini.
Baca juga:
Arti Jazakallah
Sama, Saya pun begitu.

Diawali dengan melihat, membaca, dan mendengar dari teman dan saudara. Saya jadi cukup penasaran dengan ucapan ini dan buru-buru mencari tahu.

Ucapan ini sangat baik dan termasuk ucapan do'a. Sekarang, mari kita mulai dengan arti dari kedua kalimat ini.

Arti Syafakillah & Syafakallah

Syafakallah memiliki arti "Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu" bagi laki-laki.

Sedangkan Syafakillah artinya adalah "Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu" untuk perempuan.

Keduanya, baik Syafakallah maupun Syafakillah merupakan kalimat ungkapan dari seorang Muslim terhadap Muslim lainnya yang sedang sakit atau yang semisalnya.

Saya sering membacanya kalimat ini di grup whatsapp, kemudian juga dilingkungan Saya belajar tahsin Al-Qur'an.

Bagaimana tulisan arabnya?

Jangan khawatir, Saya sudah siapkan tulisan arabnya untuk Anda copy-paste ke dalam chatting ataupun tulisan Anda di blog atau apapun.

Tulisan Arab Syafakallah & Syafakillah

Langsung saja tanpa basa-basi supaya makin mudah dipahami dan dipraktekan ke dalam kehidupan sehari-hari.

Tulisan Arab dari syafakallah adalah

شفاك الله

Sedangkan tulisan arab dari syafakillah ialah

شفاك الله

Terlihat sama?

Sebenarnya tidak, perbedaannya terletak pada harokatnya. Jika Anda ingin mengucapkan/menuliskannya untuk laki-laki maka menggunakan fathah.

Tetapi jika untuk wanita, maka harus menggunakan kasrah.

Catatan:

Kalimat di atas adalah bentuk tunggal bukan jamak ya.

Baik Syafakillah ataupun Syafakallah adalah sebuah ungkapan sehari-hari di dalam bahasa Arab.

Saya belum mengetahui dalil dari Nabi صلى الله عليه وسلم tentang pengucapan kalimat Syafakallah/Syafakillah. Jadi kalimat ini tergolong kalimat yang baik bukan Sunnah.

Bentuk Jamak (Lainnya)

Sampai di sini Saya harap Anda sudah paham arti dan perbedaan dari ucapan Syafakallah dan Syafakillah.

Sekarang kita coba lanjut ke bentuk lainnya (jamak) dari tulisan atau ucapan Syafakallah dan Syafakillah,

Syafakumullah (شفاكم الله) adalah bentuk jamak dari Syafakallah. Arti dari Syafakumullah adalah Semoga Allah memberikan kesembuhan kalian (untuk beberapa laki-laki).

Syafahullah (شفاه الله) diperuntukan bagi orang ke tiga (laki-laki). Syafahullah artinya adalah Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadanya (laki-laki).

Syafahallah (شفاها الله) juga diperuntukkan bagi orang ke tiga (perempuan). Arti dari Syafahallah adalah Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadanya (perempuan).

Syafahumullah (شفاهم الله) digunakan untuk orang ke tiga jamak laki-laki. Arti dari Syafahumullah ialah Semoga Allah memberikan kesembuhan kepada mereka (laki-laki).

Syafahunnallah (شفاهن الله) juga digunakan untuk orang ke tiga jamak perempuan. Syafahunnallah memiliki arti Semoga Allah memberikan kesembuhan kepada mereka (perempuan).
Baca juga:
Tulisan Arab Salam
Demikian artikel tentang tulisan arab dan arti dari Syafakallah dan Syafakillah ini. Semoga bermanfaat dan mudah dimengerti meskipun singkat.

Terakhir dari Saya, "Tetaplah semangat belajar tentang Islam. Segera Hijrah sebelum terlambat, Hijrah itu nikmat wahai saudara/i ku".

الله اعلم

Referensi:
https://artikel-kammi.blogspot.com/2011/07/catatan-kecil-bahasa-arab-yang-sering.html
Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()