-->

Perbedaan antara SSL/TLS, HTTPS, SSH, & STARTTLS

perbedaan ssl tls ssh starttls
SSL, TLS, SSH, STARTTLS
Apa kamu pernah bertanya-tanya, apa itu SSL/TLS, HTTPS, SSH dan STARTTLS? Apa sih perbedannya?

Bingung tidak mendapatkan jawaban, akhirnya buka google untuk cari tahu.

Mungkin rasa penasaran kamu juga yang membawa kamu landing di blog ini.

Langsung saja, sebenarnya apa sih pengertian dari akronim-akronim di atas?
Baca juga: Apa itu XAMPP?

Pengertian SSL/TLS

Secure Socket Layer disingkat SSL adalah salah satu jenis keamanan digital yang memungkinkan tindakan komunikasi enkripsi antara web browser dengan server website.

Sedangkan Transport Layer Security disingkat TLS adalah teknologi yang dapat mengamankan privasi komunikasi data, mirip dengan yang dilakukan oleh SSL.

Kelebihan SSL/TLS

Lalu apa kelebihan dari sertifikat SSL yang kamu gunakan untuk website/blog kamu? Berikut rangkumannya:
  1. Meningkatkan konversi situs / blog kamu.
  2. Meningkatkan rata-rata transaksi situs.
  3. SSL/TLS (HTTPS) adalah salah satu faktor untuk menaikan peringkat situs kamu di Google.
  4. Situs menjadi lebih aman di mata mesin pencari dan pengunjung.
Jika kurang mohon ditambahkan, beritahu saya melalui kolom komentar.

Perbedaanya SSL dengan TLS?

Perbedaannya SSL dan TLS terletak pada kedua protokol, sangat kecil dan teknis, tetapi SSL dan TLS merupakan standar yang berbeda.

TLS menggunakan algoritma enkripsi yang lebih kuat dan memiliki kemampuan untuk bekerja pada port yang berbeda. Selain itu, TLS versi 1.0 tidak beroperasi dengan SSL versi 3.0.

Menurut Hostinger, teknologi SSL sudah tidak digunakan lagi dan digantikan dengan TLS. Dan karena SSL sudah ditinggalkan, maka TLS menjadi lebih populer dan lebih sering disebut.

Apa itu HTTPS?

HTTPS adalah singkatan dari HTTP Secure, dan menggunakan protokol SSL / TLS (Secure Sockets Layer / Transport Layer Security) untuk mengenkripsi komunikasi antara klien (browser) dan server.

Jadi, tidak ada perbedaan antara HTTPS dengan SSL/TLS. Karena, ketika kamu menginstall kedua sertifikat itu otomatis HTTPS tercipta.

Rekomendasi Provider SSL/TLS (HTTPS)

Untuk mengetahuinya, kamu bisa cek lampiran gambar di bawah ini
Rekomendasi Provider SSL
Sumber: https://www.growthmanifesto.com

SSH

SSH (Secure Shell atau Secure Socket Shell) adalah protokol jaringan yang memberikan users cara yang aman dalam mengakses komputer melalui jaringan yang tidak aman.

SSH juga mengacu pada paket utilitas yang mengimplementasikan protokol SSH. Secure Socket Shell menyediakan otentikasi yang kuat dan komunikasi data terenkripsi antara dua komputer yang terhubung melalui jaringan terbuka seperti internet.

SSH banyak digunakan oleh administrator jaringan untuk mengelola sistem dan aplikasi dari jarak jauh.

Memungkinkan mereka untuk masuk ke komputer lain melalui jaringan, menjalankan perintah dan memindahkan file dari satu komputer ke komputer lain.

STARTTLS

STARTTLS adalah cara untuk mengambil koneksi tidak aman yang ada dan memutakhirkannya ke koneksi aman menggunakan SSL / TLS. Perhatikan, meskipun memiliki TLS dalam namanya, STARTTLS tidak berarti kamu harus menggunakan TLS, kamu dapat menggunakan SSL sebagai alternatifnya.

Penutup

Teknologi di atas memiliki keunggulannya masing-masing, sangat disarankan untuk memilikinya untuk situs, blog, hingga server kamu.

Kenapa perlu? Karena keamanan menjadi hal yang cukup penting saat ini, besok, lusa dan selamanya.

Bayangkan bila website yang kamu kelola dinyatakan tidak aman? Pengunjung pasti langsung klik close atau back, sehingga bounce rate menjadi lebih tinggi.

Reputasi situs kamu jelek dan menurun, baik di mata mesin pencari dan para pengunjung. Bukannya memberikan manfaat, tapi malah memberikan rasa tidak aman atas transaksi data yang dilakukan di situs.

Lebih parah lagi jika situs kamu memiliki transaksi pembayaran transfer uang, dan kartu kredit. Sangat berbahaya pastinya.

Jadi, apa situs kamu sudah menginstall teknologi protokol keamanan?

Beritahu saya di kolom komentar.
Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()