-->

Apa itu Backlink Natural

Apa itu Backlink Natural
via google.com
Backlink adalah link yang masuk ke dalam situs atau halaman website dari situs luar domain tersebut. Backlink atau pranala balik umumnya dikenal dengan sebutan link masuk, inlink, backlink dan inbound link (wikipedia).

Apa itu Backlink Natural

Backlink dibagi menjadi 2

  1. One Way Clik
  2. Reciprocal Backlink

Apa itu Backlink Natural

Lalu apa yang dimaksud dengan backlink natural? Backlink natural adalah tautan backlink yang di dapatkan secara alami atau organik. Ia dijadikan sebagai referensi ke halaman konten, postingan artikel, situs web atau sumber informasi.

Backlink natural tidak memiliki

  • Parameter pelacakan
  • Konten berbayar atau sponsor
  • Pengalihan melalui JavaScript atau alat monetisasi

Perbedaan dengan Backlink Un-Natural

Backlink yang tidak organik cenderung didapatkan karena sponsor atau berbayar, juga memiliki kode pelacakan. Banyak media situs pemotesisai yang menjajakan layanan ini, meskipun berguna bagi Anda yang ingin mencobanya dengan biaya yang tidak sedikit.

Namun, baiknya Anda berhati-hati karena kerap kali metode ini dapat mendatangkan notifikasi spamming atau spam score (moz) yang cukup tinggi sehingga bisa melanggar ketentuan google.

Cara Mendapatkan Baclink Organik

Saran Saya adalah untuk mendapatkan backlink organik ini adalah dengan satu cara yaitu, membuat konten semenarik mungkin, bermanfaat, anti-copas, gaya bahasa yang normal tidak terlalu kaku ataupun gaul.

Dan buatlah konten artikel secara berkala bisa 1 pekan sekali, atau bahkan 1 hari sekali, tergantung dari kemampuan Anda dalam waktu dan juga pemikiran.

Rule of 20/80

Tapi, menurut pakar SEO dan digital marketing Neil Patel Anda harus menerapkan 20/80.

Apa itu? Menerutnya 20% yang Anda harus lakukan adalah menciptakan artikel super duper baik (tidak ada yang sempurna). Sisanya, yakni 80% bisa Anda investasikan untuk melakukan promosi konten Anda.

Promosi yang Anda lakukan ini adalah bagian dari optimasi off-page SEO.

Promosi yang Anda bisa lakukan adalah:

  1. Promosi melalui akun sosial media seperti facebook sampai linkedin
  2. Promosi melalui forum seperti ads.id atau kaskus misalnya
  3. Membuat konten video di youtube dst
  4. Membuat konten audio (postcast)
Semakin banyak orang yang mengetahui konten Anda yang bermanfaat, maka semakin banyak pula orang yang melakukan share, like, dan subscribe.

Kabar baiknya, Anda akan mendapatkan backlink berkualitas secara cuma-cuma yang kebanyakan diketahui bernama backlink natural.

Penutup

Catatan, tak perduli seberapa ahlinya Anda sebagai praktisi SEO karena tidak ada yang sempurna.

Anda setuju dengan pernyataan Saya ini?

Alogritma google terus berubah lebih dan lebih baik, tidak ada ilmu pasti di dunia SEO. Yang harus Anda lakukan adalah terus bereksperimen dengan SEO dan teruslah update dengan berita terbaru mengenai SEO.

Demikian artikel sederhana nan sedikit tentang apa itu backlink natural, semoga bermanfaat dan dapat dijadikan salah satu referensi untuk Anda.

Jika ada tambahan, pertanyaan, ataupun kritik dan saran silahkan posting pada kolom komentar. Saya akan meresponnya dengan segera. Good Luck!

PS: Kita sama-sama belajar
Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()