-->

Cara Agar Laptop Awet untuk Main Game (Update 2019)

laptop awet main game

Cara Agar Laptop Awet untuk Main Game

Main game berat di laptop? Tidak masalah kok, asalkan spesifikasi laptopnya standar minimum. Tapi, kalau main gamenya non-stop siap-siap deh tidur laptopnya alias cepat rusak.

Berikut ini ada beberapa cara agar laptop kesayangan kamu bisa lebih awet dan perkasa saat memainkan game-game berat seperti GTA V, Ghost Recon, Fifa, PES dan sejenisnya (yang paling baru tentunya).

#1 Pertama

Coba kamu cek Spesifikasi laptop yang kamu punya. Jika tidak memenuhi spesipikasi laptop, game tersebut akan membuat laptop kamu sangat kelelahan dan kecapean. Jadi lihatlah minimum requirements di game tersebut.

Jika laptop kamu tidak memenuhi requirements tersebut sebaiknya ucapkan selamat tinggal kepada game tersebut.

Contoh:
Processor kamu pentium 3(waduh adakah laptop yang pentium 3). Lalu, VGA nya intel grafik familly Vram 1 MB (Vram 1 Mb membuka game apa aja tuh bisa).

Ram 20 mb (luar biasa, bukan 2 gb, bukan 500 MB, tetapi 20 MB luar biasa bukan?). Ingin bermain GTA V full version? Lebih baik terbakar aja laptopnya terus dijual ke tukang loak.

Saran Saya coba kamu bermain dengan mineswapper dan hearts aja.

#2 Kedua

Jagalah agar laptop kamu dalam keadaan dingin dengan menggunakan note book fan atau kipas laptop. Ingat laptop yang kepanasan akan mudah rusak apalagi jika di mainkan game! Sebaiknya meletakkan laptop kamu di meja atau lantai keramik untuk mengurangi panas.

#3 Ketiga

Pakailah hardware eksternal jangan yang internal.gunakanlah mouse bukan trackpad karena kalau trackpad rusak berapa biaya untuk memperbaikinya? Dan gunakanlah keyboard eksternal, karena keyboard internal lumayan rentan terhadap kerusakan

#4 Keempat

Jangan pernah cabut baterai! Jika sedang bermain game jangan pernah cabut baterai. Karena, mencabut baterai dan menggunakan charge nya akan rentan kerusakan system di dalam laptop tersebut. Belum lagi jika tiba-tiba mati listri, dan pastinya harga system di dalam itu lebih mahal daripada baterai laptop tersebut.

Jangan takut baterai rusak, karena seri laptop terbaru punya fitur teknologi baru yang membuat baterai otomatis tidak men-charge ketika sudah penuh.

#5 Kelima

Jangan terlalu lama menggunakan lapto. Apakah kamu kira laptop seperti Pc yang bisa di hidupkan selama 3 hari? Apalagi jika sedang memainkan game berat, Stop bermain jika sudah sampai 5 jam.

Kesimpulan

Sangat disarankan untuk cek spesifikasi sebelum install game berat. Bermainlah dengan waktu yang wajar kasian si laptop, kamu juga kasian. Masih banyak pekerjaan yang lebih pentingkan.

Lebih baik menggunakan hardware eksternal, karena klo yang rusak parts original pasti akan lebih mahal atau sulit mencarinya jika laptop kamu sudah agak jadul. Perhatikan juga sistem pendingin si laptop, kalau sudah berat dan panas, berhentilah bermain game.

Sekian dari Saya, ada tanggapan, kritik, dan saran? Postingkan di kolom komentar.
Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()